IMG-LOGO
Berita Lokal

Membangun Pelayanan yang Lebih Baik : Mahasiswa KKN UNDIP Hadirkan Kotak Kepuasan dengan Barcode

Create By KKN TIM II UNDIP 2023/2024 13 August 2024 61 Views
IMG

Desa Donomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang (13/08/2024) – Kepuasan masyarakat merupakan hasil penilaian dan pendapat masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh aparatur penyelenggara pelayanan publik (PermenpanRB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik). Dengan demikian kepuasan masyarakat menjadi tolak ukur keberhasilan Pemerintah selaku penyelenggara pelayanan publik, seperti Pemerintah Desa yang menjadi unit yang menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Dalam upaya perolehan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Desa perlu disediakannya wadah yang dapat menampung penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah diterimanya, serta wadah yang mampu menampung pengaduan dan aspirasi masyarakat dalam rangka perbaikan yang lebih baik lagi. Namun di Desa Donomulyo masih belum terdapat wadah yang dapat menampung penilaian, pengaduan, dan aspirasi masyarakat baik secara offline maupun online.

 

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023/2024, Ellang Mullianni Dewi Agustina melaksanakan program kerja monodisiplin penyediaan kotak kepuasan, pengaduan, dan aspirasi yang dilengkapi dengan QR Barcode yang terhubung dengan laman-laman website desa seperti persyaratan administrasi, pengaduan dan aspirasi, dan survei kepuasan agar masyarakat dapat dengan mudah memberikan penilaian secara online yaitu melalui telepon pintarnya masing-masing.

 

Pelaksanaan program kotak kepuasan dimulai dari pembuatan desain kotak yang menarik perhatian masyarakat seperti pemberian warna dan animasi yang unik dan menonjol. Langkah selanjutnya adalah pembuatan kuesioner survei kepuasan masyarakat dan kuesioner pengaduan dan aspirasi yang kemudian di koordinasikan dengan Kepala Desa. Dalam koordinasi ini Kepala Desa Donomulyo memberikan akses website desa untuk memasukkan program kerja ini kedalam website desa. Kemudian, kedua kuesioner tersebut dimasukan kedalam website desa pada menu layanan yang dapat diakses melalui link yaitu https://desadonomulyo.magelangkab.go.id/First/detail_artikel/formulir-survei-kepuasan-masyarakat-terhadap-pelayanan-desa dan https://desadonomulyo.magelangkab.go.id/First/detail_artikel/formulir-survei-kepuasan-masyarakat-terhadap-pelayanan-desa yang dilengkapi dengan langkah-langkah pengisian kuesioner. Kemudian, pembuatan QR Barcode yang terhubung dengan website desa khususnya dalam laman persyaratan administrasi, laman pengaduan dan aspirasi, dan laman survei kepuasan masyarakat yang mana QR Barcode diletakan pada kotak kepuasan dan standing banner alur pelayanan. Terakhir, Ellang melakukan koordinasi dengan Kepala Desa terkait bagaimana cara melihat responden yang telah mengisi kuesioner.

 

Desain Kotak Kepuasan Pelayanan

 

Desain Pin Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan

 

“Dengan adanya kuesioner kami dapat mengetahui perbaikan apa saja yang harus dilakukan. Kuesioner pengaduan dan aspirasi secara online juga mempermudah masyarakat jika tidak sempat datang langsung ke balai desa”, Ujar Bramanthyo Heru Wahyudi selaku Kepala Desa Donomulyo.

 

Program ini diharapkan dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi masyarakat Desa Donomulyo dalam menyampaikan penilaian, pengaduan, dan aspirasi mereka terkait pelayanan dan pembangunan desa baik secara offline yaitu melalui kotak penilaian, kritik dan saran di Balai Desa maupun secara online yaitu melalui website desa dan/atau QR Barcode yang terdapat di GOR Desa dan standing banner alur pelayanan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Selain itu, dengan adanya kotak penilaian dan kuesioner diharapkan dapat mendorong upaya perbaikan dan inovasi terhadap pelayanan kedepannya.

 

 

 

Penulis : Ellang Mullianni Dewi Agustina (14020121140186) – S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dosen Pembimbing Lapangan : Annastasia Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog

Lokasi : Desa Donomulyo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah